It's all Category Management, and Trade Marketing | Consumer Goods

Icon

It's all Category Management, and Trade Marketing | Consumer Goods

Evolusi dari Category Management

Gak pernah lelah disini kita akan bahas mengenai space management. Sebagai seorang spaceman dimana kita dituntut pekerjaan kita yang berhubungan dengan planogram dan nego dengan toko untuk implementasi terkadang kita juga dituntut untuk ahli dibidang analisa data.

Itulah kelebihan seorang spaceman yang mana masih ada beberapa perusahaan yang menganggap seorang spaceman hanya berkutat dengan produk, foto, toko dan data. Padahal kalo kita kaji lebih dalam ada kelebihan dari seorang spaceman tersebut, yaitu dalam hal competitor intelligence. Yang mana dengan adanya produk baru, sebagai seorang captain kita akan tahu produk competitor yang baru, RSP, LDC malah kita juga tahu listing produk tersebut dan di cluster mana.

Namun ada beberapa perusahaan yang belum memaksimalkan seorang spaceman, hal ini lah yang mengakibatkan sempitnya pekerjaan seorang spaceman. Akan tetapi bagaimana pun juga sebagai seorang spaceman merasa puas apa yang dikerjakannya, hal ini bisa kita ketahui dengan adanya suatu milist yang mendukung ide-ide para spaceman tersebut, yaitu space_managemen_indonesia@yahoogroups.com. Milist ini diperuntukan untuk orang yang bergerak di bidang spaceman, category management, trade marketing baik dari pihak principal maupun pihak retailer.

Begitulah sejenak flash back mengenai spaceman di Indonesia, yang mana kebanyakan software yang mereka gunakan saat ini adalah keluaran Nielsen yaitu spaceman, adapun beberapa perusahaan yang telah lama menggunakan space managemen ini mereka menggunakan seperti Apollo dan Prospace. Yang mana software ini boleh dibilang mahal sebab hanya perusahaan tertentu yang mempunyainya, adapun dari penulis untuk perusahaan yang tidak b isa membeli software ini bisa menggunakan software gratisan, yang mana bisa didownload di internet.

Evolusi Category Management

CatMan atau Categori Management adalah ilmu yang pertama kali diperkenalnkan oleh Dr. Brian Harris, yang mana beliau adalah Pemilik dan Pimpinan Utama The Partnering Group, sebuah badan usaha yang khusu mengembangkan dan mengimplementasikan category management. Sebagaimana dilihat pada gambar diatas (fidure 5.1), pada pertengahan 1970 ada perubahan yang penting di sector industri retail.

Yang mana pada tahap ini semua penjualan berhubungan dengan data, yang mana data ini sebagai provider untuk retailer dan manufacturer. Dengan adanya scanning data ini diketahui berapa penjualan baik dalam satuan maupun value. Dan hal ini bagi dua pihak tersebut mengakibatkan menggenjot profit dan sales nya di tahun-tahun berikutnya. Dan akhirnya berdampak kepada space managemen, assortement, promosi dan pricing decision.

Dan pada akhirnya dengan berkembangnya teknologi (PC computer), pada awal 80-an muncukah sebuah program yang mengatur rak/space di toko yang mana sebagai pionirnya adalah Apollo dan Spaceman. Dan akhirnya munculah Category Management. Yang mana cikal bakal Category Managemen berasal dari Space Management, seperti assortment, promotion and pricing. Dan CatMan pun akhirnya berkembang dengan focus kepada consumer dan Category sebagai Bisnis Unit strateginya.

Dengan pengalaman suksesnya penggunaan Catman dan Penggunaannya yang lebih luas, maka CatMan pun berubah yang semulah kepada Brand Centrik menjadi Category Centrik dan kemudian berubah menjadi Consumer Centrik. Yang mana hal ini bisa diketahui dari pihak retail yang semula dari individual Category di pecah manjadi multi category dengan focus kepada consumer “Solution Centre”. Dimana bisa kita ketahui dengandibangunnya toko-toko sebagai solusi centre dengan destination role category.

Sebagai comtoh bisa dilihat di mall-mall Jakarta telah ada toko-toko dengan menghususkan category-category tertentu seperti kid’s center ataupun baby center, sedangan di retail sendiri bisa kita lihat juga ada beberapa category yang menghususkan dari segi umur, kelamin, aktivitas dll. Dari hal ini pun kemudian berkembangnya persaingan-persaingan antara toko baik berupa pembukaan toko-toko baru maupun dari segi promosi maupun harga.

Maka seperti Category Management, Shopper Marketing dilahirkan untuk memawikili adanya kesempatan untuk penggunaan dan mengatahui kekuatan dari competitor, yang mana dari sini kita bisa bergerak secara strategies lebih awal. Kekuatan kompetitif ini timbul juga dari pemikiran kedepan dari management dikombinasikan dengan informasi dan teknologi;munculnya ancaman kompetitif,dan unggul dalam kemampuan kolaborasi.

Shopper Marketing inilah yang berfungsi untuk mengatahui shopper behaviour yang bisa didapat dari sumber data seperti loyalty cards dan shopper research, yang mana informasi di sumber data tersebut terdapat impact maksimum dari consumer adalah hal pembelian. Jadi dengan perkembangan Category Management dan dukungan dari Informasi Teknologi, bisa diharapkan para retail mengupdate perilaku consumen dan akhirnya bisa meningkatakn profitability bagi perusahaan baik retail maupun manufactur.

Source : Shopper Marketing (How to increase purchase decisions at the POS)

Advertisements

Filed under: Trade Marketing

One Response

  1. lumayan buat awalan “space management”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

SpaceMan Club Indonesia

Magazines

My Online Profile

    
%d bloggers like this: