It's all Category Management, and Trade Marketing | Consumer Goods

Icon

It's all Category Management, and Trade Marketing | Consumer Goods

Best Practice Customer Loyalty

Promosi : kegiatan dimana produk dlm bentuk barang atau jasa dikomunikasikan ke konsumen, sehingga setidaknya ada respon dari calon pembeli

Menurut @ksantoso bahwa tujuan promo ada 2, yaitu dengan menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen loyal

Untuk konsumen loyal ini, ada beberapa perusahaan yang mempunyai divisi khusus seperti CRM | @elimurdiana

Akan tetapi system utk konsumen loyal ini tergantung pendekatan perusahaan masing-masing

Dan ternyata mereka masih memakai program yang sama untuk setiap konsumen, satu untuk semua atau program yang itu2 saja

Utk program loyalty program ini bisa menggunakan metode RFS | @yuswohady

RFS merupakan metode pengumpulan metode informasi yang powerful utk mengetahui tingkat loyalitas thd produk kita | @yuswohady

Dimana RFS mempunyai makna Recently atau dengan kata lain Recently , kapan dan dimana konsumen terkakhir membeli| @yuswohady

Frequently berarti seberapa sering konsumen membeli produk kita & Spent berarti berapa jumlah uang yg dibelanjakan konsumen utk produk kita

Ada juga 7 cara untuk mengukur tingat loyalitas konsumen menurut #retailwire

1.bagaimana tingkat respon pelanggan, seperti tingkat kepuasan pelanggan, atau attribute yang sesuai #retailwire

2.mantapkan patokan program promosi anda, dgn kata lain bandingkan program kita dgn competitor atau level retailer lain #retailwire

3.evaluasi kembali investasi komunikasi promosi kita, dgn kata lain promosi sebagai sarana advokasi produk kita #retailwire

4.penilain nominal dari redemption, dgn kt lain hubungan keadaan redemption dan kepuasan thd program tersebut #retailwire

5. drive redemption, dgn kt lain kepuasan pelanggan akan double jika mereka mendapat reward dan mrk tdk perlu usaha tambahan utk itu…

6.gunakan NPS sebagai KPI, dgn kt lain hubungan antara yang advokasi dan tidak advokasi program tersebut dari kacamata pembeli #retailwire

7. ulangi langkah ini secara teratur sederhana tapi sangat susah dilaksanakan, yg terpenting ada kolaborasi dengan departemen yang lain #retailwire

Advertisements

Filed under: Market(Think)ing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Twitter Updates

SpaceMan Club Indonesia

Magazines

My Online Profile

    
%d bloggers like this: