It's all Category Management, and Trade Marketing | Consumer Goods

Icon

It's all Category Management, and Trade Marketing | Consumer Goods

What’s the meaning Letter “S” in spaceman (plan[o]gram)

Superman hanya hidup di dunia rekaan manusia. Kita kenal tokoh komik populer ini: datang dari planet Krypton, berjubah merah, berkostum ketat warna biru, dengan lambang ‘S’ warna merah kuning di dadanya. Dia tampan dan atletis. Dan kemampuannya bikin kita takjub: dia terbang melawan gravitasi, badan kebal peluru, penglihatan tembus-pandang, telinga super-tajam, gerakan super-cepat dan segudang kemampuan super lainnya.

Dengan kekuatannya itu, Superman mengalahkan musuh-musuhnya, menyelamatkan dunia dari ancaman para penjahat, membantu memadamkan kebakaran, membendung tanggul kota yang hancur, menegakkan Menara Miring Pisa, atau sekadar menyelamatkan kucing tetangga. Pendek kata, Superman adalah jagoan super yang baik hati. Dan sehari-harinya, Superman “menyamar” sebagai Clark Kent, wartawan kikuk berkacamata, yang menaruh hati pada Lois Lane, rekan kerjanya di suratkabar Daily Planet di kota Metropolis.

(sumber : http://zine.rukukineruku.com/?p=143)

Begitulah sekilas mengenai si manusia super yang super hebat dari segi fisik maupun non fisiknya. Nah apakah yang dimaksud dengan letter “S” didada si manusia super tersebut. Di wikipedia dijelaskan sebagai berikut :

Superman adalah karakter superhero pertama yang memakai eblem atau sebuah logo di dadanya. Rancangan karakter aslinya tidak memakai emblem apapun, tetapi karena perkembangan zaman dan waktu, maka ditambahkanlah Tanda “S” tersebut. Bagi para penciptanya “S” juga bisa berasal singkatan dari “Shield” (tameng). Bentuk original Logo nya adalah contekan dari Lencana Polisi di Amerika, tetapi setelah superman menjadi terkenal, logo itu lebih dikenal dengan sebutan “The Knight Shield”.

Begitulah sekilas mengenai superman dan arti logo “S” nya. Akan tetapi didunia consumer goods arti “S” mempunyai arti yang berbeda. Di Consumer Goods sendiri ada sebuah departemen yang menamakan dirinya category management (https://papathong.wordpress.com/2009/12/21/simple-understanding-8-steps-category-management/). Ada sebuah keahlian yang mana mengatur sebuah space di suatu rak yang disebut dengan spaceman, yang mana spaceman tersebut berasal dari kata space and management.

Selain itu spaceman sekarang sudah identik dengan suatu software untuk pengaturan tata letak suatu product di gondola baik di modern trade ataupun general trade, yang sekarang sering disebut dengan planogram (https://papathong.wordpress.com/2009/11/).
Untuk menguasai program tersebut, diperlukan keahlian seseorang dengan basic IT yang lumayan. Untuk itulah bila kita analogikan dengan Superman seorang Spaceman wajib memiliki criteria sebagai berikut :

1. Strong

Disini seorang spaceman harus kuat fisik, sebab dengan beban yang dibawanya berupa lepi kemana-mana tidaklah ringan terutama bila mereka harus visit ke HO untuk updatean planogram. Dan tidak lupa juga bila mereka akan melakukan implementasi di store/toko kemampuan fisik pun di uji dengan menaikan ataun membongkar rak/gondola dan product sesuai dengan planogram yang telah di approved oleh HO

2. Tall

Tinggi disini bukan berarti tinggi seperti seorang tokoh yang memerankan Superman, akan tetapi kemampuan dalam bidang IT yang sangat tinggi, baik dalam visual atapun dalam data. Sebab selain mereka harus mampu familiar dengan software yang digunakan, mereka terkadang harus mampu untuk bidang pengolahan datanya.

3. Charming

Disini bukan berarti tampan seperti yang diperankan CR dalam superman, akan tetapi mereka harus charming dalam co-operative dengan clientnya. Dia juga harus pandai-pandai mengetahui bagaimana tawar-menawar dengan pihak took mengenai implementasi planogram. Dan pandai juga menerapkan Category Management sebagai toolsnya.
Begitulah kira-kira, profile seorang spaceman, yang mana tugas mereka janganlah dianggap enteng semata, sebab dengan memanfaatkan spaceman kita pun bisa mengatahui activity competitor (competitor intelligence), space share, DOS dll. Yang mana sangat membantu perusahaan/user spaceman tersebut.
Dan sekarang pun spaceman tidak hanya untuk laki-laki saja, mungkin ini sudah lama bahwa sang perempuan pun sudah terjun kedunia ini yang disebut dengan spacegirl. Adakalanya pun seorang spaceman merangkap beberapa jobdesk, begitulah seorang spaceman yang saya analogikan Superman sebagai manusia yang serba bisa. Jadi Logo S itu Superman atau Spaceman… nah terserah anda dech..

Yayan Mulyana

Category Management Specialist

yayan.m@gmail.com (+62 813 109 15712)

Filed under: Market(Think)ing

4 Responses

  1. aku pernah ikutan spaceman nielsen
    susah kalo mencocokkan itu, asumsi software nya kayaknya banyak ga pas di indonesia

    • papathong says:

      setidak2 tidaknya masih bisa digunakan untuk update product di retails and merchandising 🙂

      Thanks atas commentnna

  2. ichazizah says:

    hmmm… bulan januari besok aku bakal pegang jabatan baru di category. baca artikel ini excited sekaligus deg-degan >.<!!

Leave a comment



SpaceMan Club Indonesia

Magazines

My Online Profile